Minggu, 17 April 2016

cara membuat senapan kentang

Membuat sesuatu dengan tangan sendiri selalu menyenangkan, lebih menyenangkan lagi membuat sesuatu yang dapat Anda tembakkan! Artikel ini merupakan panduan lengkap tentang pembuatan senapan kentang yang mampu meluncurkan sebutir kentang hingga jarak sekitar 182,9 meter atau lebih. Pastikan Anda mengikuti semua tindakan pencegahan yang penting demi keselamatan. Walaupun amunisinya hanya sebutir kentang, Anda dapat benar-benar melukai diri sendiri ataupun orang lain.
Iklan

Bagian 1 dari 5: Persiapan untuk Membuat Senapan Kentang

  1. 1
    Sebelumnya, periksalah hukum yang berlaku di wilayah tempat tinggal Anda. Di mana pun, senapan kentang tidak dilegalkan, dan legalitasnya mungkin berubah secara signifikan dari wilayah ke wilayah, jadi periksalah otoritas setempat untuk memastikan bahwa Anda tidak melanggar hukum. Tentu Anda tidak ingin tetangga Anda melapor pada polisi karena Anda sedang menembakkan senapan kentang di sekitar halaman belakang rumah Anda.[1]
    Iklan
  2. Gambar berjudul Make a Potato Gun Step 2
    2
    Sisihkan uang Anda untuk proyek ini! Bagian-bagian untuk senapan kentang berharga antara Rp260.000 s/d Rp520.000 (dengan kurs Rp13.000 per 1 USD), tergantung di mana Anda berbelanja. Periksa tawaran harga yang sangat murah di toko perkakas di kota Anda, atau gunakan internet untuk mengetahui transaksi di seluruh dunia. Untuk membuat sebuah senapan kentang tidak perlu sedemikian mahal, tetapi Anda akan perlu sedikit uang tambahan.
  3. 3
    Buatlah daftar belanja.[2] Sangat menyenangkan jika semua bahan telah tersedia saat Anda memulai proyek ini. Daftar belanja Anda untuk sebuah senapan kentang akan meliputi beberapa barang berikut.
    • 1 set pemantik/starter yang biasa dipakai pada pemanggang (Tombol kecil berwarna merah pada pemanggang elektrik yang bisa ditekan)
    • 1 adaptor penyambung pipa PVC berbentuk T (pipa T) berdiameter 10,16 cm (4 inci)
    • 1 adaptor penyambung berulir untuk pipa T
    • 1 tutup pipa berulir
    • 1 adaptor penyambung pipa PVC dari diameter 10,16 cm ke diameter 5,08 cm (4 inci ke 2 inci)
    • 1 pipa PVC berdiameter 5,08 cm (2 inci) dengan panjang 1,21 meter
    • 2-3 kaleng deodoran semprot (untuk gas butana)
    • Sedikit lem atau bahan perekat lain (opsional, tetapi disarankan)
    • 1 keranjang kentang
    Iklan

Bagian 2 dari 5: Membuat Senapan Kentang

  1. Gambar berjudul Make a Potato Gun Step 4
    spaceplay / pause
    escstop
    ffullscreen
    shift + slower / faster (latest Chrome and Safari)
    volume
    mmute
    seek
     . seek to previous
    126 seek to 10%, 20%, …60%
    1
    Pasanglah adaptor penyambung berulir pada pipa T.[3] Selanjutnya, pasang tutup berulir di atasnya. Langkah ini sederhana—pada dasarnya Anda hanya mengombinasikan dua bagian komponen. Adaptor penyambung berulir adalah bagian dari pipa yang memiliki alur-alur kecil di dalamnya. Bagian tersebut dinamakan ulir/drat. Merujuklah pada video di atas untuk mengetahui instruksi secara visual.
    • Anda juga dapat menggunakan lem jika mengkhawatirkan kekuatan sambungan dua bagian tersebut. Lumurkan sedikit lem di sekitar bagian tepi sebelum menyambung kedua bagian tersebut. Jangan gunakan lem terlalu banyak.
  2. Gambar berjudul Make a Potato Gun Step 5Bullet1
    Gambar berjudul Make a Potato Gun Step 5
    2
    Pasang adaptor penyambung pipa 10,16 cm ke 5,08 cm (4 inci ke 2 inci).[4] Pasanglah adaptor penyambung pipa 10,16 cm ke 5,08 cm. Masukkan ujung berdiameter 10,16 (4 inci) ke ujung adaptor penyambung berulir (yang ujung lainnya telah menempel pada pipa T).
    • Sekali lagi, untuk langkah ini Anda dapat menggunakan lem jika merasa lebih yakin dengan kualitas struktural dari senapan tersebut.
  3. Gambar berjudul Make a Potato Gun Step 6Bullet1
    spaceplay / pause
    escstop
    ffullscreen
    shift + slower / faster (latest Chrome and Safari)
    volume
    mmute
    seek
     . seek to previous
    126 seek to 10%, 20%, …60%
    spaceplay / pause
    escstop
    ffullscreen
    shift + slower / faster (latest Chrome and Safari)
    volume
    mmute
    seek
     . seek to previous
    126 seek to 10%, 20%, …60%
    Gambar berjudul Make a Potato Gun Step 6
    3
    Pasanglah laras senapan (pipa berdiameter 5,08 cm dengan panjang 1,21 meter) pada ujung adaptor berdiameter 5,08 cm (2 inci). [5] Jika pipa tersebut tidak dapat masuk, ketuk ringan dengan palu. Pastikan pipa mencapai posisi rata bila Anda selesai mengetuknya. Jangan mengetuk terlalu kuat karena Anda akan meretakkan pipa PVC tersebut.
    • Pada tahap ini penggunaan lem disarankan. Laras senapan mengalami banyak gaya ketika senapan ditembakkan dan bagian tersebut tidak serapat sambungan pada bagian lain. [6]
  4. Gambar berjudul Make a Potato Gun Step 7
    4
    Lakukan pengeboran untuk membuat lubang pada lambung adaptor penyambung berulir. [7] Dari posisi ini ke arah depan akan disebut sebagai bilik. Di sinilah, pada akhirnya, Anda akan menahan proyektil kentang.
    • Pastikan ukuran bilik tidak terlalu panjang ataupun terlalu pendek. Bilik yang terlalu panjang akan membuat kentang meluncur keluar terlalu lambat; sebaliknya, bilik yang terlalu pendek akan membuat kentang hancur sebelum Anda mengetahuinya. [8]
  5. Gambar berjudul Make a Potato Gun Step 8
    spaceplay / pause
    escstop
    ffullscreen
    shift + slower / faster (latest Chrome and Safari)
    volume
    mmute
    seek
     . seek to previous
    126 seek to 10%, 20%, …60%
    5
    Lilitkan kawat di sekeliling generator percik. Generator percik adalah bagian dari perlengkapan yang Anda beli yang akan menghasilkan bunga api. Usahakan untuk melilitkannya dengan cara sedemikian rupa sehingga terdapat celah di antara ujung kawat dan ujung generator percik. Video berikut akan memberikan bantuan secara visual jika hal tersebut tidak masuk akal bagi Anda. [9]
  6. Gambar berjudul Make a Potato Gun Step 9
    6
    Pasang generator percik ke dalam lubang hasil pengeboran pada lambung pipa. Ambil generator percik dan masukkan ke dalam lubang yang Anda bor sebelumnya. Jika lubang tidak cukup lebar, lakukan sedikit pengeboran lagi untuk melebarkannya sebelum Anda berusaha memasukkan generator percik ke dalamnya. Anda tidak perlu merusak generator percik ataupun kawatnya.
  7. Gambar berjudul Make a Potato Gun Step 10
    7
    Rekatkan generator percik dengan semen PVC. Anda perlu merekatkannya sehingga bagian tersebut kedap udara. Langkah ini tidak dapat dilewati. Jika Anda melewatkannya, senapan Anda tidak akan dapat menembakkan amunisi.
  8. Gambar berjudul Make a Potato Gun Step 11
    8
    Pasanglah sekrup ke dalam lambung bilik senapan. Anda perlu membuat sekrup tersebut berada pada tempatnya sedemikian rupa sehingga berjarak kira-kira 0,2 cm dari percabangan di bagian dalam. Usahakan membuatnya setepat mungkin. [10]
  9. Gambar berjudul Make a Potato Gun Step 12
    9
    Pasanglah kawat pemantik/starter. Pemantik adalah sebuah peralatan dengan titik merah pada bagian atasnya, yang merupakan bagian dari perlengkapan pemantik yang biasa terdapat pada pemanggang elektrik. Ambil kawat yang menggantung dari pemantik tersebut dan pasanglah pada sekrup di bagian sebelah luar bilik. Kalau Anda menekan pemantik tersebut, Anda harus melihat bunga api kecil melompat melewati percabangan menuju sekrup. Jika Anda tidak melihat bunga api, periksa sambungan yang ada. [11]
    • Jangan biarkan tubuh Anda menyentuh bagian mana pun yang berbahan logam, karena tubuh Anda akan tergoncang dan Anda tidak akan mendapatkan bunga api. Untuk mengatasi agar hal tersebut tidak terjadi, tutuplah semua jaringan kawat/kabel dengan plester elektrik.
    Iklan

Bagian 3 dari 5: Mengisi Senapan dengan Aman

  1. Gambar berjudul Make a Potato Gun Step 13
    1
    Masukkan sebutir kentang dan doronglah turun ke bagian bawah laras senapan dengan bantuan batang sapu atau galah. Kentang tersebut harus berukuran pas: idealnya laras senapan harus menguliti kentang saat Anda memasukkannya ke dalam.
  2. Gambar berjudul Make a Potato Gun Step 14
    spaceplay / pause
    escstop
    ffullscreen
    shift + slower / faster (latest Chrome and Safari)
    volume
    mmute
    seek
     . seek to previous
    126 seek to 10%, 20%, …60%
    2
    Gunakan proyektil lain. Jika Anda tidak memiliki kentang, Anda dapat mengisi senapan dengan apa pun yang berukuran lebih kecil dari lubang senapan. Hal yang perlu Anda lakukan adalah menyumbatkan sehelai lap basah ke bagian bawah laras senapan sebelum Anda mengisikan amunisi. Langkah ini sangat penting, karena lap membentuk sumbat yang rapat dan mencegah tekanan dari pelepasan di sekitar amunisi tersebut. Jika mau, Anda dapat memasukkan lap basah yang lain setelah amunisi untuk mencegahnya jatuh ke ujung laras senapan. [12]
  3. Gambar berjudul Make a Potato Gun Step 15
    spaceplay / pause
    escstop
    ffullscreen
    shift + slower / faster (latest Chrome and Safari)
    volume
    mmute
    seek
     . seek to previous
    126 seek to 10%, 20%, …60%
    3
    Ketahuilah posisi sasaran Anda serta objek yang terdapat di belakang sasaran tersebut. Jangan pernah mengisi senapan kentang sebelum Anda mengidentifikasi sasaran dan yakin bahwa menembakkan senapan tidak akan berakhir dengan melukai tubuh seseorang yang berada di depan ataupun di belakang sasaran yang dimaksud. [13]
    Iklan

Bagian 4 dari 5: Menembakkan Senapan

  1. Gambar berjudul Make a Potato Gun Step 16
    1
    Isilah senapan tersebut dengan mengikuti semua tindakan pencegahan yang penting untuk keselamatan. Senapan kentang sangat menyenangkan, tetapi keselamatan adalah yang terpenting. Sungguh, jangan isi senapan sampai Anda memiliki sebuah sasaran yang aman yang jauh dari siapa pun.
  2. Gambar berjudul Make a Potato Gun Step 17
    2
    Bukalah tutup dan persiapkan diri untuk berpacu dengan waktu. Bersiap-siaplah untuk melakukan langkah berikut dalam waktu 10 detik atau kurang. Jika Anda tidak dapat menembakkan senapan dengan cepat, langkah tersebut tidak akan berhasil. Jangan khawatir sekiranya langkah tersebut harus membuat Anda berusaha berulang kali.
  3. Gambar berjudul Make a Potato Gun Step 18
    3
    Semprotkan deodoran ke dalam bilik kira-kira selama 5 detik. [14] Ingatlah bahwa setelah melakukan tahap ini Anda harus bergegas, karena separuh dari waktu Anda telah habis. Kencangkan kembali tutup, tetapi jangan menyatukannya. Artinya, mengencangkan kedua ulir pipa tanpa membuatnya tersambung dengan baik. Bersiaplah untuk sebuah sentakan dan tekan tombol pada pemantik.
    • Usahakan untuk menahan dalam posisi rendah ujung senapan tersebut sedemikian rupa sehingga tidak menyentak ke belakang dan mengenai wajah Anda.
  4. Gambar berjudul Make a Potato Gun Step 19
    4
    Perhatikan luncuran kentang tersebut. Selamat, Anda berhasil dan telah menembakkan senapan kentang dengan aman. Bersihkan senapan dengan lap basah sebelum Anda menembakkan kentang yang berikut dari meriam Anda.
    Iklan

Bagian 5 dari 5: Pemecahan Masalah pada Senapan Kentang

  1. 1
    Periksa untuk mengetahui bahwa semua sambungan dalam kondisi terjamin. Mungkin saja bunga api seakan tidak merambat melewati semua kawat. Jika demikian, periksa seluruh sambungan yang ada.
  2. 2
    Pastikan Anda tidak menyentuh logam yang didaratkan (grounded metal). Tubuh Anda mungkin telah menyentuh sesuatu berbahan logam—yang akan menetralkan muatan listrik—saat Anda menarik pelatuk. Berdirilah di tanah lapang yang terbuka.
  3. 3
    Tembaklah pada waktu yang tepat. Jika senapan kentang tidak bekerja, kemungkinan Anda menangguhkan terlalu lama untuk menembakkannya. Kesalahan ini adalah yang paling umum. Jika Anda menunggu lebih dari beberapa detik setelah menyemprotkan deodoran ke dalam bilik, gas tersebut akan mengembun, dan Anda hanya akan menemukan gumpalan deodoran yang lengket di dalam bilik. [15]
  4. 4
    Bersihkan senapan Anda. Anda mutlak harus membersihkan senapan setiap kali selesai menembakkannya. Sekali beraksi senapan tidak akan bisa ditembakkan dua kali. Di bilik senapan akan tergenang deodoran setelah Anda menembakkan (hanya gas yang dapat menyambar api). Tentu Anda tidak ingin sisa gumpalan deodoran tersebut tertinggal di dalam bilik, atau gumpalan tersebut akan mengeras di sekitar percabangan, dan senapan tidak akan membuat bunga api. Bersihkan bilik segera setelah menembak; kalau tidak penutupnya pun akan macet. [16]
  5. 5
    Periksa perekatnya. Anda bisa saja mendapati perekat yang lemah di sekitar proyektil. Pastikan proyektil terpasang ketat di dalam laras senapan.
    Iklan

Tips

  • Tambahkan aksesoris! Tambahkan selempang/tali pengikat untuk membawa senapan; tambahkan penyangga botol air yang biasa terdapat pada sepeda untuk menempatkan botol semprot deodoran; atau buatlah kaleng rol film sebagai penyangga untuk batang/galah yang dipakai sebagai pendorong amunisi. Cara yang bagus untuk membawa amunisi tambahan adalah dengan memasang paku pada senapan Anda tempat menusukkan kentang (amunisi) tambahan tersebut.
  • Lakukan percobaan! Sebagai alternatif sehubungan dengan pemasangan kawat pemantik, cukup kaitkan sebuah peniti yang aman ke penahan pada bagian samping dan bengkokkan ke arah ujung. Pertajam ujung laras senapan untuk dapat menguliti kentang dengan sempurna. Pasang sebuah sekrup pada bagian dasar laras untuk mencegah Anda memasukkan kentang terlalu jauh ke dalam. Terdapat berbagai kemungkinan tak terbatas.
  • Gunakan akal sehat Anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar